Tips Kecantikan & Kesehatan
Mar 23, 2012

Posted by in Tips Menu Diet

Panduan Praktis Menerapkan Food Combining (bag1)

Tips Kecantikan Panduan Praktis Menerapkan Food Combining (bag1)

Aturan dalam food combining tidaklah rumit. Jika sudah lama kita mencoba berbagai macam diet, mengapa tidak mencoba diet dengan food combining. Prinsip dasarnya sangat sederhana dan mudah diikuti. Pertama, pilihan makanan sehari-hari diatur mengikuti siklus alami sistem pencernaan. Aturan ini memandu kita untuk memilih jenis makanan yang tepat pada jam makan tertentu. Dipagi hingga siang hari hendaknya kita memilih makanan yang mudah dicerna, karena pada saat itu sistem pencernaan belum siap bekerja penuh. Setelah siap, yakni pada siang hingga petang, kita bisa memilih jenis hidangan yang proses cernanya lebih berat, seperti hidangan pati atau hidangan protein hewani.

SIKLUS ALAMI SISTEM PENCERNAAN :

Proses metabolisme tubuh berlangsung terus-menerus selama 24 jam. Namun setiap 8 jam berlangsung satu siklus yang paling aktif.

  • Pukul 04.00 ? 12.00 : siklus pembuangan sampah makanan dan sampah metabolisme
  • Pukul 12.00 ? 21.00 : siklus pencernaan makanan
  • Pukul 21.00 ? 04.00 : siklus penyerapan sari makanan dan asimilasi

Dengan patokan siklus ini, kita bisa mengatur pilihan makanan sesuai kesiapan tubuh untuk mencernanya, sehat alami dengan food combining

Kedua, kombinasi makanan dipilih berdasarkan kebutuhan enzim pencernaan yang bekerja pada kondisi asam ? basa berbeda. Ada enzim yang bekerja efektif pada kondisi basa, ada yang efektif pada kondisi asam. Di sisi lain, ada makanan yang efektif dicerna pada kondisi basa, ada pula yang efektif dicerna pada kondisi asam. Nah, berdasarkan kebutuhan yang berbeda ini, food combining tidak menyarankan hidangan pati dimakan bersama hidangan protein hewani. Sebab untuk mencerna hidangan pati dibutuhkan enzim yang efektif bekerja pada kondisi basa, sedangkan makanan hewani??? pada kondisi asam.

Ketiga, menjaga keseimbangan asam ? basa tubuh. Meskipun hidangan pati membutuhkan enzim yang bekerja efektif pada kondisi basa, sedangkan hidangan protein hewani pada kondisi asam, kedua hidangan tersebut sama-sama pembentuk asam. Karena itu, hidangan pati maupun protein hewani harus dikombinasikan dengan hidangan pembentuk basa, yakni sayur-sayuran segar. Konsumsi sayuran segar disyaratkan tiga kali porsi hidangan pati atau tiga kali hidangan protein hewani. Tujuannya, agar tercapai keseimbangan asam-basa tubuh yang optimal (pH 7,3 ? 7,5) sehingga kesehatan dan sistem kekebalan tubuh kita terjaga.

Nah, berdasarkan panduan tersebut, kita bisa mulai menerapkan pola makan sehat alami,pola makan food combining.

 

Sumber 105 resep sehat food combining – Wied Harry Apriadji

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» menu food combining » resep food combining » food combining indonesia
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Leave a Reply

Tips Kecantikan