Tips Kecantikan & Kesehatan
May 20, 2017

Posted in Tips Diet Sehat

Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Sehat

Tips Kecantikan Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Sehat

Untuk menurunkan berat badan secara permanen diperlukan diet sehat (atau pengaturan pola makan yang sehat) sehingga tidak menjadi penurunan berat badan ‘yoyo’ atau berat badan yang turun naik dengan cepat.

Tujuan menurunkan berat badan seharusnya adalah mencapai postur tubuh yang ideal, bukan sekedar langsing atau bahkan kurus. Jadi sebelum memulai program penurunan berat badan, sebaiknya perlu kita ketahui cara menghitung postur tubuh ideal kita.

Postur tubuh dapat diukur dengan Indeks Massa Tubuh (IMT), yaitu:

IMT = BB (kg)/TB x TB (m)

IMT normal/ideal adalah antara 18-25. Jika seseorang mempunyai IMT kurang dari 18, maka ia akan dikatakan kurus. Sementara bila IMT mencapai lebih dari 30, berarti orang tersebut menderita obesitas dan perlu berhati-hati karena biasanya obesitas akan disertai dengan penyakit lain seperti diabetes mellitus, hipertensi dan lain-lain.

Cara melakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan:

  1. Jangan hilangkan satu golongan makanan tertentu dalam pola makan kita. Tubuh tetap membutuhkan keseimbangan nutrisi sekalipun saat mengurangi berat badan. Baik karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat, air dan oksigen sangat penting artinya bagi tubuh. Yang harus diperhatikan adalah bagaimana memilih sumber-sumber nutrisi yang baik.
  2. Makanlah lebih sering dengan porsi kecil dan jangan lewatkan waktu makan. Melewatkan waktu makan hanya akan membuat kita kelaparan pada waktu makan berikutnya dan membuat kita makan berlebihan. Lebih baik makan 5 kali sehari dengan porsi kecil setiap kali makan. Inti dari diet sehat adalah mengatur pola makan kita.
  3. Kurangi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti santan, jeroan atau gorengan dan perbanyak makan buah dan sayur. Selain mengenyangkan, buah dan sayur membantu memperlancar proses pembuangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  4. Perbanyak konsumsi air putih. Bila suka minum teh, sebaiknya pilih teh hijau, karena dapat membantu membakar sekita 70 kalori per hari.

Yang juga penting untuk dilakukan adalah olahraga secara teratur untuk membantu membakar kalori dan mengoptimalkan metabolism tubuh. Jadi, untuk menurunkan berat badan selain melakukan diet sehat, harus dilengkapi dengan olah raga juga ya.

Tips Kecantikan
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.

Tips Kecantikan
build_links(); ?>