Tips Kecantikan & Kesehatan
May 8, 2012

Posted by in Tips Diet Sehat, Tips Menu Diet

Mengganti Menu Diet Dengan Roti

Tips Kecantikan Mengganti Menu Diet Dengan Roti

Menu Diet – Merasa lelah menjalani program diet karena penurunan berat badan mandeg atau berhenti? Coba beralih ke menu diet roti. mau tau seperti apa diet tersebut? Cekidot yaah…

Banyak yang melakukan program diet, kemudian akhirnya merasa lelah, dan tidak tau lagi harus diet seperti apa dikarenakan penurunan berat badan mandeg. Jika hal tersebut terjadi berarti anda mengalami fase plateau. Fase dimana kurva penurunan berat badan mendatar. Kondisi plateau biasanya terjadi pada mereka yang menjalani diet ketat dengan mengurangi atau bahkan samasekali meninggalkan karbohidrat.

Dengan mengurangi bahkan meninggalkan karbohidrat sama sekali, kita mengurangi 3 gram air yang terkandung di setiap 2 gram glikogen yang hilang.

Bila sudah dipahami kalau tubuh tetap membutuhkan karbohidrat sekarang waktunya untuk memilih karbohidrat yang baik untuk tubuh, yaitu karbohidrat kompleks. Dan yang menjadi alternatif untuk menu diet adalah roti gandum. Selain roti gandum,nasi merah, tempe, tahu, sayuran dan buah buahan yang mengandung tinggo cair bisa di kombinasikan dengan menu diet roti gandum.

Mengapa menu diet roti gandum?

Beberapa kelebihan dari kandungan roti gandum, diantaranya:

  • Tidak mudah diserap usus, sehingga mengkonsumsi menu diet roti gandum menguntungkan program diet
  • Banyak mengandung serat, sehingga penyerapan oleh usus tidak semudah karbohidrat sederhana seperti gula, roti putih atau nasi. Hal tersebut menguntungkan program diet
  • Mengontrol gula darah, Mengkonsum menu diet roti gandum juga mampu mengontrol gula darah dan meningkatkan metabolisme tubuh..
  • Mengurangi ngemil, kadar gula yang terkandung dalam roti gandum sudah mampu memenuhi kebutuhan tubuh, juga akan mengurangi keinginan untuk ngemil.
  • Kalorinya rendah.

Menu diet roti gandum tidak mempunyai efek buruk  seperti lemak yang dapat merusak bentuk tubuh, meskipun demikian tetap dibutuhkan nutrisi lain seperti, protein, vitamin dan mineral. Misalnya memadukan menu diet roti gandum dengan roti tawar putih yang yang diolesi selai kacang atau buah buahan untuk mencukupi nutrisi tubuh.

Contoh Menu Diet

Berikut contoh menu diet roti gandum yang dapat diterapkan sehari-hari.

1. Menu Diet Untuk Sarapan

Pada setiap program diet tentunya ada pantangan sendiri-sendiri dan dalam program diet menu roti gandum ini pantangannya adalah dilarang mengkonsumsi berbagai macam protein hewani kecuali telur. Sedangkan untuk protein nabati diperbolehkan. Jadwal makan pagi adalah jam 08.00dengan pilihan menu diet berikut:

  • Satu lembar roti gandum. Boleh diolesi dengan sedikit butter atau selai kacang. Selai buah-buahan atau coklat tabur. karena masih memberi kesempatan padapelaku diet untuk tetap dapat menikmati makanan kesukaan mereka maka menu diat roti gandum ini lebih mudah diterima.
  • Satu butir telur ayam, bisa direbus setaengah matang atau matang, di buat telur mata sapi atau didadar. Tapi, jika digoreng disarankan menggunakan penggorengan yang berlapis bahan teflon agar meminimalisir penggunaam minyak.

2. Menu Diet untuk Makan Siang

Porsi dalam makan siang harus paling besar, perlu diingat jumlah lauk tidak boleh lebih banyak dari nasi. Misalnya nasi setengah mangkuk, maka lauk yang merupakan kombinasi sayuran dan tahu tempe harus kurang dari setengah mangkuk. Jjadwal makan siang adalah jam14.00 dengan pilihan menu diet berikut:

  • Nasi merah dengan jumlah setengah porsi kenyang.artinya apabila kita sudah merasa kenyang dengan mengkonsumsi satu porsi saja berarti kita cukup mengkonsumsi setengah porsi.
  • Lauk yang merupakan kombinasi dai sayuran dan lauk, seperti tahu tempe. Seperti gado-gado, taoge cah tahu, tumis kacang panjang, sup sayuran dan tahu ataupun kombinasi sayuran sesuai selera anda.

3. Menu Diet Untuk Makan Malam

Jadwal untuk makan malam adalah jam 20.00. Sedangkan untuk menu diet yaitu dua lembar atau setangkup roti tawar gandum. Untuk isinya boleh memilih alternatif yang sama seperti menu diet untuk sarapan seperti selai kacang, selai coklat atau selai  buah.

Meski perut sudah diisi ,bisa saja masih terasa lapar. Apabila itu terjadi, disarankan agar mengkonsumsi selingan diantara jadwal utama yaitu  pukul 11.00, pukul  17.00 dan 22.00.

Pilihan makanan untuk selingan adalah buah-buahan terutama yang mengandung banyak air. Contohnya seperti semangka, apel, melon, pepaya. Jumlahnya maksimal seperempat dari ukuran buah.

Nah dengan pengaturan menu diet diatas diharapkan bagi mereka yang melakukan program diet menggunakan menu diet roti dapat menurunkan berat badan sesuai yang diharapkan  serta bisa tidur nyeyak tanpa rasa lapar yang menghantui.

Hasil pencarian artikel ini dengan:
» contoh roti gandum » roti gandum » jumlah kalori dalam satu lembar roti
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
  1. makasih infonya….sya akan coba…!

  2. makasih infonya,..
    saya akan coba dan semoga berhasil,

Leave a Reply

Tips Kecantikan