Tips Kecantikan & Kesehatan
Jun 22, 2012

Posted in Tips Diet Sehat

Cara Menggemukkan Badan Secara Aman dan Sehat

Tips Kecantikan Cara Menggemukkan Badan Secara Aman dan Sehat

Mengapa perlu mengetahui cara menggemukkan badan yang sehat? Ternyata masalah berat badan tidak hanya dimiliki orang gemuk, tapi juga oleh orang yang kurus.

Berat badan yang kurang, selain tampak kurang menarik, juga rentan terhadap penyakit. Akibatnya mereka pun sama tidak mindernya dengan orang yang bertubuh terlalu gemuk. Bagi orang yang kurus, cara menggemukkan badan malah menjadi hal yang sulit dilakukan.

Suksesnya cara menggemukan badan ada yang dipengaruhi dari dalam diri, hal-hal tersebut antara lain:

1. Faktor Metabolisme Tubuh

2. Hormon

3. Keturunan

Secara kasat mata, mudah menilai apakah seseorang terlalu gemuk atau terlalu kurus Namun ada nilai tertentu yang menjadi acuan apakah seseorang memiliki berat badan berlebih, normal, atau kurang, yang disebut Indeks Massa Tubuh (IMT). IMT = Berat Badan (kg)/(Tinggi Badan (cm)/100)2, misalnya kita mempunyai BB = 50 kg, TB = 160 cm, maka IMT = 50/(160/100)2 = 50/2,56 = 19,53. Bagi orang dengan IMT < 18.5, sebaiknya perlu segera memikirkan cara menggemukkan badan.

Adakah cara menggemukkan badan yang sehat, efektif, dan aman? Karena sekarang ini banyak yang menawarkan cara menggemukkan badan yang cepat, tapi belum tentu sehat dan aman.

 1. Cara menggemukkan badan yang pertama adalah dengan memperhatikan jumlah asupan makanan juga nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Mulailah dengan makan lebih sering dengan porsi kecil. Cara ini lebih baik ketimbang makan 3 kali dengan porsi besar. Tak kalah pentingnya juga memperhitungkan nilai gizi makanan tersebut. Singkatnya, cara menggemukkan badan ini tidak hanya menambah asupan makanan, tapi juga meningkatkan kualitas nilai gizinya. Diperlukan tambahan 1.000 kalori/hari untuk menaikkan berat badan sebanyak setengah kg/minggu.

Makanan yang disarankan sebagai cara menggemukkan badan termasuk sayuran, buah buahan, kacang kacangan, tepung tepungan, daging, makanan laut, unggas, dan telur. Yang perlu diingat, tidak semua jenis makanan bagus untuk menambah berat badan sebab saat ini banyak makanan terutama makanan kalengan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan.

2. Cara menggemukkan badan berikutnya berolahraga. Sebetulnya menaikkan berat badan bisa dilakukan dengan menambah massa otot, yaitu dengan berolahraga rutin. Olahraga juga memperlancar metabolisme tubuh sehingga menambah nafsu makan.

3. Cara menggemukkan badan yang ketiga adalah beristirahat yang cukup. Tidur secara teratur selama 8 jam perhari sangat membantu untuk mempermudah cara menggemukkan badan.

4. Minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter perhari, akan membantu melunturkan racun dalam tubuh dan menjaga sistem pencernaan.

5. Mengemil sehat, seperti kacang pilihan sehat sebagai cara menggemukkan badan.

Ada lagi cara menggemukkan badan lainnya, yaitu dengan minum susu dan mengkonsumsi multivitamin/ suplemen yang direkomendasikan ahli gizi.

Semoga cara menggemukkan badan yang disampaikan disini dapat berguna.

Tips Kecantikan
Hasil pencarian artikel ini dengan:
» CARA MENGGEMUKKAN BADAN » cara menggemukkan badan yang sehat » cara sehat menggemukan badan
Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN

Comments are closed.

Tips Kecantikan
build_links(); ?>